Steven. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

What do you think about my blog?

Apakah Tujuan dari Bimbingan di TK dan SD???

Pada posting sebelumnya, yaitu "Apa itu Bimbingan Sekolah??" telah dijelaskan mengenai pengertian dari bimbingan, tujuan umum dari bimbingan dan kapan bimbingan itu diperlukan. Pada posting kali ini, penulis akan membahas tentang "Apa sih tujuan utama dari bimbingan di Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar??"
Enjoy it... =)


Seperti yang kita tahu, bimbingan bisa diartikan sebagai bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain dalam membuat keputusan yang bijaksana dan dalam penyesuaian diri, serta dalam memecahkan masalah kehidupan mereka. Program Bimbingan di berbagai jenjang pendidikan sama-sama berperan penting. Oleh karena itu, program bimbingan di TK dan SD yang terorganisasi sama pentingnya dengan program bimbingan di sekolah-sekolah lanjutan. Bimbingan sekolah pada umumnya dilakukan oleh seorang psikolog sekolah dan biasanya tugas psikolog sekolah dalam berbagai jenjang pendidikan hampir sama, tetapi bukan berarti tidak memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak antara lain pada segi usia siswa dan orangtuanya, dan perbedaan komponen-komponen pendidikan lainnya, seperti kurikulum dan metode pengajaran serta kemampuan kognitif anak seiring dengan perkembangan umur. Perlu diingat bahwa program bimbingan merupakan pelayanan yang bersifat positif dan bukan bersifat korektif. Bimbingan-bimbingan di taman kanak-kanak dan sekolah dasar sangatlah penting dalam membantu anak didik untuk bisa memahami diri sendiri yang berkaitan dengan kebutuhan dirinya sendiri dan yang berkaitan dengan kebutuhan lingkungannya. Pemahaman mengenai diri sendiri ini perlu bagi anak didik sebelum mencapai sekolah lanjutan. Bimbingan yang dimulai sejak dini, membantu anak menyesuaikan diri terhadap berbagai situasi baru, yang diikuti dengan meningkatnya kemampuan menerapkan pemahaman diri sendiri tersebut untuk memecahkan masalah-masalah yang akan dihadapi di kemudian hari.

Adapun tujuan utama bimbingan di Taman Kanak-kanak adalah:
  1. Membantu anak agar anak dapat membantu dirinya sendiri untuk mengadakan penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial,
  2. Membantu anak agar mampu melewati masa-masa transisi dari lingkungan keluarga/rumah ke lingkungan teman sebaya dan guru/sekolah; dari suasana bebas ke suasana disiplin dan menghargai hak orang lain.

Kedua hal diatas merupakan tujuan utama dari bimbingan sekolah di Taman Kanak-kanak. Sedangkan, tujuan utama dari bimbingan di Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:
  1. Membantu anak menguasai bahan ajaran tuntutan kurikuler,
  2. Membantu anak dalam membuat pilihan dan menentukan bahan ajaran yang cocok,
  3. Membantu anak memiliki sikap-pandangan belajar yang mendukung,
  4. Membantu anak mempunyai pola tingkah laku belajar yang mendukung,
  5. Membantu anak dalam menumbuhkan disiplin belajar anak dan terlatih,
  6. Membantu anak dalam memilih teman bergaul dan membentuk kelompok-kelompok belajar yang serasi,
  7. Membantu anak dalam rangka mengadakan penyesuaian hidup berkelompok yang menunjang belajar, dan
  8. Membantu anak dalam memecahkan masalah-masalah belajar yang dihadapi murid.

Dari penjelasan-penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa bimbingan pada jenjang pendidikan TK dan SD cukup penting dan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas anak didik dan kesejahteraan mereka.

Daftar Pustaka:
Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Google Talk