Steven. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

What do you think about my blog?

Evaluasi Kinerja Mata Kuliah Paedagogi

Tidak terasa sudah 1 semester saya mengikuti perkuliahan di mata kuliah Paedagogi. Tentu saja banyak suka dan duka atau  lebih sering disebut "unek-unek" yang dijalani di mata kuliah ini. Tetapi sebelumnya, saya ingin berterima kasih kepada Ibu Filia Dina Anggaraeni selaku dosen pengampu mata kuliah Paedagogi yang telah dengan sabar membimbing dan mengajarkan kami konsep-konsep dari paedagogi. Selain itu, saya juga ingin meminta maaf kepada Beliau atas kesalahan-kesalahan yang saya dan teman-teman lakukan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Nah.. sekarang tiba saatnya untuk memberikan evaluasi kinerja mata kuliah Paedagogi selama 1 semester ini. Check it out guys.. ^^

Kesan
Mata kuliah Paedagogi merupakan mata kuliah kedua yang pernah saya ambil di Fakultas Psikologi USU yang kebanyakan memanfaatkan fasilitas perkembangan TIK. Dalam mata kuliah ini, sering dilakukan e-learning yang sama sekali tidak pernah dilakukan di mata kuliah lain yang pernah saya ambil, kecuali mata kuliah psikologi pendidikan. Sistem e-learning yang diterapkan tentu saja memberikan dampak positif bagi saya dan teman-teman dimana saya bisa mengetahui banyak sekali website-website atau aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Hal ini membuat saya semakin berwawasan luas dan tidak ketinggalan zaman sehingga membuat saya semakin percaya diri.

Pesan
Penerapan e-learning di mata kuliah Paedagogi harus tetap dilaksanakan di semester-semester selanjutnya agar bisa memberikan kesempatan yang sama kepada mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk belajar lebih banyak mengenai dunia maya dan bisa mengambil sisi positifnya. 

Evaluasi
Kami sebagai mahasiswa yang mengambil mata kuliah Paedagogi di semester ini sedikit pasif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mungkin disebabkan karena kurang siapnya mahasiswa ketika akan menjalani perkuliahan. Sangking pasifnya mahasiswa di kelas Paedagogi, dosen pengampu pernah mengambil tindakan untuk meninggalkan ruang kelas ketika perkuliahan baru saja dimulai. Kejadian tersebut benar-benar membuat kami Shock dan berhasil membuka mata kami untuk lebih mempersiapkan diri di perkuliahan-perkuliahan selanjutnya.

Kritik
  • Kesibukan dosen pengampu yang juga merupakan Pembantu Dekan III seringkali mengakibatkan tidak bisa dilakukannya perkuliahan di hari yang sesuai dengan jadwal kuliah yang sudah ditetapkan. Sehingga, mau tidak mau perkuliahan harus diganti ke hari lain (biasa disebut kuliah ganti). Hal ini membuat saya dan beberapa teman saya mengalami sedikit kesulitan dalam menyesuaikan jadwal-jadwal yang sudah ada sebelumnya. Bahkan, bisa saja saya dan teman-teman saya terpaksa mengambil absen karena jadwal kuliah ganti tersebut bentrok dengan jadwal lainnya.
  • Seringkali dosen pengampu memberikan pertanyaan kepada kami secara langsung di dalam ruangan kelas dengan kata-kata yang cukup sulit untuk dipahami. Akibatnya, kadang-kadang saya tidak mengerti dengan apa konteks dari pertanyaan yang Beliau tanyakan kepada kami sehingga mengakibatkan saya mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Saran
  • Jadwal kuliah untuk mata kuliah Paedagogi sebaiknya lebih disesuaikan dengan jadwal kesibukan dosen pengampu sehingga tidak perlu terlalu sering dilakukan kuliah ganti. Apabila terpaksa harus melakukan kuliah ganti, sebaiknya lebih disesuaikan dengan jadwal kedua belah pihak dan diberikan perlakuan khusus (seperti dihitung hadir) untuk mahasiswa yang tidak bisa hadir di kuliah ganti bila mahasiswa tersebut mempunyai alasan yang mendesak dan logis.
  • Sebaiknya dalam memberikan pertanyaan, dosen pengampu menggunakan kata-kata yang lebih bisa dipahami atau sekalipun harus menggunakan istilah yang sulit, sebaiknya dijelaskan terlebih dahulu apa maksud dari istilah tersebut. Intinya, dosen pengampu diharapkan bisa menjelaskan konteks pertanyaan secara jelas kepada kami terlebih dahulu sebelum meminta kami untuk menjawab.
  • Seharusnya semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Paedagogi, baik yang sedang (termasuk saya sendiri) maupun akan mengambil, bisa lebih mempersiapkan diri sebelum memasuki perkuliahan dan mau berpartsipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Karena pada dasarnya, tujuan dosen pengampu menanyakan banyak hal kepada mahasiswa di dalam perkuliahan adalah agar mahasiswa dapat berkembang secara mandiri dan seoptimal mungkin.


Jadi, itulah semua "unek-unek" saya mengenai mata kuliah Paedagogi ini. Overall, saya merasa bahwa proses yang dialami di mata kuliah ini sudah cukup baik dan bermanfaat bagi saya dan teman-teman. Walaupun  sedikit mengalami kesulitan dalam prosesnya, tapi itu semua merupakan tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh kami sebagai mahasiswa agar bisa maju dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Sekian postingan saya untuk evaluasi kinerja mata kuliah paedagogi ini. Bila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Thanks for your time..
See you next time.. ^^

"Everyone is deserved to be better"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

Terima kasih Steven atas evaluasi-nya yang 'meaningfull'. Semoga kita semua berproses menjadi lebih baik dikesempatan-kesempatan dihadapan.
Semoga effortmu di mata kuliah ini memberikan hasil yang maksimal ya. :)

Steven mengatakan...

Sama-sama bu.. Terimakasih untuk semuanya, Bu.. :D

Posting Komentar

Google Talk