Steven. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

What do you think about my blog?

Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis

Hello..^^

Dalam posting kali ini, akan dijelaskan mengenai "apa sajakah prinsip-prinsip dari proses paedagogis?" dalam posting sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa paedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru (Selengkapnya lihat Paedagogi Pertemuan Kedua). Tapi, sebelum membahas mengenai apa saja prinsip-prinsip paedagogis tersebut, tentu saja akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai "apa yang dimaksud dengan prinsip-prinsip paedagogis?" So, Check it out.. :D 

Prinsip-prinsip proses paedagogis adalah tesis dasar psikopaedagogis, pada arah paedagogis yang menjadi standar dan prosedur tindakan untuk menentukan dasar paedagogis yang paling penting dalam proses pendidikan kepribadian.
Beberapa prinsip-prinsip paedagogis menurut Addine (2001) adalah
  • Kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis ==> setiap proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju di bidang sains kontemporer dan dalam korespodensi total dengan ideologi kita.
  • Kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia ==> setiap konten yang pembelajar ambil di sekolah haruslah berguna dalam kehidupan sehari-hari, kini dan kelak.
  • Kombinasi karakter kolektif dan individual pendidikan, serta penghormatan terhadap kepribadian siswa ==> Jika proses paedagogis terjadi dalam konteks sekelompok orang, maka setiap anggota seharusnya memiliki kekhususan unik yang membedakan dia dari yang lain dan memiliki hak untuk dipertimbangkan dan dihormati juga.
  • Kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses ==> ketika seseorang menempuh pendidikan dia harus menjalani proses pembelajaran yang baik yang akan membuat dia mencapai keterdidikan, dalam makna terwujudnya pencapaian jaminan pengembangan pribadi.
  • Domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering ==> proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan kesatuan dan hubungan antara kondisi manusia (kemungkinan mengetahui dunia sekitarnya dan dunia sendiri serta pada saat yang sama perasaan dan tindakan kemungkinan menjadi terpengaruh oleh dunia itu.
  • Masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain ==> aspek kepribadian dibentuk dan dikembangkan atas aktivitas dan melalui proses komunikasi.

Daftar Pustaka:
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Google Talk